News
Loading...

Jelang Pilgub, Penduduk Kabupaten Mimika "Bengkak" 85 Persen

TIMIKA, Suko - Menjelang pelaksanaan pemilihan Gubernur Papua, sejumlah pihak meragukan jumlah penduduk Kabupaten Mimika. Data jumlah penduduk merupakan hal penting karena menjadi dasar bagi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika untuk menentukan jumlah pemilih tetap di Kabupaten Mimika.

Hal itu terungkap dalam pertanyaan Matea Mameyau, salah seorang perwakilan tim sukses calon gubernur Papua pada rapat koordinasi membahas kantibmas pada pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua yang diadakan Polres Mimika di Aula Hotel Serayu, Jumat (11/1/2013) siang.

Menurut Roy Letsoin, anggota KPUD Mimika, jumlah pemilih tetap yang ditetapkan KPUD Mimika sebanyak 175.987. Jumlah ini berdasarkan data jumlah penduduk dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mimika, pada tahun 2012 yang berjumlah lebih dari 336.000 jiwa.

Jika dibandingkan dengan hasil sensus penduduk yang diadakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika pada tahun 2010, penduduk wilayah ini berjumlah 182.001 jiwa. Artinya, dalam rentang waktu 2 tahun, jumlah penduduk Kabupaten Mimika bertambah lebih dari 85 persen.

Kepada wartawan, Evert Safuf, Asisten III Sekda Mimika, menegaskan, data kependudukan yang dipakai KPUD Mimika adalah data resmi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mimika berdasarkan pendataan sejak tahun 2009.

Menurut Evert, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mimika, peningkatan jumlah penduduk ini karena tingginya angka migrasi ke Kabupaten Mimika. "Setiap orang yang datang di Kabupaten Mimika wajib terdaftar sementara data BPS yang dilakukan persepuluh tahun itu dibuat kadang-kadang perkiraan. Orang bukan mendaftar resmi ke BPS. Itulah yang membuat perbedaan jumlah antara BPS dengan Dispencapil," jelas Evert Safuf.

Pertambahan jumlah penduduk di Kabupaten Mimika nantinya akan berpengaruh terhadap sejumlah agenda politik, yakni pemilihan gubernur yang diikuti Bupati Mimika, Klemen Tinal, agenda pemilihan Bupati Mimika dalam tahun ini, dan jumlah kursi DPRD yang semula berjumlah 25 kursi meningkat menjadi 35 kursi.

Pemilihan Gubernur Papua yang akan dilakukan pada 29 Januari, akan diikuti oleh 2.713.465 pemilih dari 28 Kabupaten dan 1 Kotamadya di Propinsi Papua. Enam pasangan calon yang mengikuti pemilihan gubernur Papua, yakni pasangan nomor urut 1, Noakh Nawipa berpasangan dengan Johanes Woff, nomor urut 2, M.R. Kambu berpasangan dengan Blasius Adolf Pakage, nomor urut 3, Lukas Enembe berpasangan dengan Klemen Tinal, nomor urut 4, Wellington Wenda berpasangan dengan Weynand Watori, nomor urut 5 Alex Hesegem berpasangan dengan Marthen Kayoi dan nomor urut 6 Habel Melkias Suwae berpasangan dengan Yop Kogoya.  

Sumber :http://regional.kompas.com/read/2013/01/11/14270235/Jelang.Pilgub.Penduduk.Kabupaten.Mimika.Bengkak.85.Persen.
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment