News
Loading...

PILKADA PAPUA 2013: Rakyat Papua Butuh Pemimpin Visioner

TIMIKA–Tokoh masyarakat Mimika Yosep Yopi Kilangin mengatakan Provinsi Papua saat ini membutuhkan pemimpin visioner yang bisa membawa rakyat ke arah kehidupan ekonomi, politik, pendidikan, kesehatan dan keamanan yang jauh lebih baik ke depan.
Berbicara kepada Antara di Timika, Senin (7/1/2013), Yopi Kilangin mengatakan pemilihan Gubernur-Wagub Papua periode 2013-2018 yang direncanakan berlangsung 29 Januari 2013 diharapkan bisa menghasilkan pemimpin yang visioner tersebut.
“Melalui Pilgub ini, rakyat Papua mengharapkan pemimpin baru yang betul-betul mampu membawa perubahan, suasana baru harapan baru dan semangat baru. Kita mau Papua ke depan akan lebih aman dan tidak ada lagi konflik,” kata Yopi.
Menurutnya, saat ini rakyat Papua butuh pemimpin yang bisa membawa damai, menciptakan kondisi daerah yang aman dan nyaman sehingga memberi ruang seluas-luasnya bagi semua pihak untuk berinvestasi dan masyarakat bisa lebih bebas berinteraksi dan melakukan berbagai aktivitas tanpa rasa takut.
Yopi mengatakan rakyat Papua yang sangat heterogen seharusnya menjadi sebuah kekuatan potensial untuk bisa lebih maju dalam berbagai aspek.
“Kita tidak hanya melihat Papua secara hitam putih dalam kondisi seperti sekarang ini. Kita sangat heterogen dari berbagai faktor dan itulah potensi yang bisa kita kembangkan untuk bisa maju lebih baik lagi,” tuturnya.
Terkait penyelenggaraan Pilgub Papua pada 29 Januari mendatang, Yopi Kilangin mengharapkan pesta demokrasi itu bisa berlangsung aman dan lancar sehingga bisa menghasilkan pemimpin Papua yang definitif.
“Pilkada Papua harus aman dan mudah-mudahan prosesnya tidak sampai berbelit-belit sehingga kita bisa segera mendapatkan gubernur dan wakil gubernur yang definitif,” harap Yopi.
Selain pemimpin yang visioner, Yopi berharap ajang Pilgub Papua kali ini bisa menghasilkan sosok pemimpin yang tanggap terhadap masalah yang dihadapi rakyatnya dan mau turun langsung menyelesaikan masalah di tempat.
Sosok pemimpin seperti itu, katanya, terlihat pada duet Jokowi-Basuki Cahaya Purnama (Ahok) yang kini memimpin DKI Jakarta.
“Rakyat Papua berharap dapat sosok pemimpin seperti Jokowi-Ahok, bukan pemimpin yang hanya menghambur-hamburkan tampang, bukan pemimpin yang hanya bisa jual bahasa, dan bukan juga pemimpin yang hanya bisa memberi janji-janji dan mimpi-mimpi,” ujar putra tokoh pejuang almarhum Mozes Kilangin.
KPU Papua telah menetapkan enam pasangan cagub-cawagub yang bakal mengikuti Pilgub pada 29 Januari 2013. Ke enam pasangan dimaksud yakni pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal, MR Kambu-Blasius Pakage, Habel M Suwae-Yop Kogoya, Alek Hesegem-Marthen Kayoi, Welington Wenda-Waynand Watori dan Noak Nawipa-Jhon Wob. (Suko)
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment