News
Loading...

JUAL NOKEN PENUHI KEBUTUHAN KELUARGA

Ilustrasi contoh noken (google.com)
Jayapura, 17/2 (Jubi)Noken atau biasa disebut tas asli Papua bukan sekadar jinjingan untuk mengisi barang-barang bawaan, tapi memiliki nilai ekonomi untuk dijual, guna menyambung kebutuhan hidup dalam keluarga. “Kami banyak anggota dalam keluarga. Belum lagi yang kuliah di perguruan tinggi swasta di Jayapura yang cukup mahal. Biaya kuliah mereka dari hasil jualan noken,” ucap Klara Dou, Senin (17/2) di Abepura Papua.

Harga standar Noken yang dijual kepada pelanggan, biasanya berkisar Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Harga Noken berkualitas dua kali lipat dari harga standar. “Ada cukup banyak pembeli noken tiap harinya. Tapi yang paling banyak anak-anak kuliah,” katanya.

Ibu Klara atau biasa disapa Mama Klara, pembuat Noken asal Paniai ini sudah puluhan tahun berdomisili di Jayapura bersama keluarganya. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, itu karena berkat talentanya dalam membuat Noken.

Dia menuturkan, tempat jualan Noken selalu didatangi pelanggan setiap hari. Adapun warna Noken bervariasi sesuai dengan simpati pembeli berbeda. “Sambil pajang Noken yang sudah ditenung, saya memintal untuk pemesan yang sudah lebih dulu memesan,” katanya. (Carol/Jubi)
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment