News
Loading...

Lagi, Kontak Senjata Terjadi di Papua

Ilustrasi TNI di Papua
TIMIKA, KOMPAS.com -- Satu orang terluka dalam kontak senjata antara tim gabungan TNI-Polri dengan tiga orang yang diduga anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Gunung Bobairo, Distrik Paniai Timur, Enarotali, Kabupaten Paniai, Papua, Senin siang tadi (25/02/2013).

Pasukan TNI-Polri sempat mengejar tiga orang yang membawa dua senjata laras panjang ini, namun ketiganya meloloskan diri dengan speed boat menuju Kampung Kebo.

Menurut sumber Kompas.com, kejadian berawal dari laporan warga kepada anggota Kepolisian Resor Paniai, bahwa ada tiga orang yang diduga anggota OPM membawa 2 pucuk senjata laras panjang, mendarat di samping Gunung Bobairo, Distrik Paniai Timur, Enarotali.

Menerima laporan ini, 30 personel gabungan dari Polres Paniai, Brimob dan anggota TNI yang dipimpin Kapolres Paniai, AKBP Semmy Ronny Abaa, langsung melakukan penyisiran dan pengejaran ke Gunung Bobairo, tidak jauh dari ujung landasan Bandar Udara Enarotali.
Saat dikejar, ketiga orang ini bersembunyi di rumah warga, dan sempat terjadi kontak senjata dengan tim gabungan TNI-Polri.

Satu orang yang diduga anggota OPM ini terkena tembakan di kaki, namun ketiganya masih bisa meloloskan diri ke Kampung Kebo dengan menggunakan speed boat melalui Danau Paniai.

Sebuah HT, telepon genggam serta sejumlah anak panah diamankan tim gabungan saat menggeledah rumah yang sempat menjadi persembunyian tiga orang tersebut. Sementara dua orang warga yang berada di rumah tersebut, diamankan untuk dimintai keterangan di Mapolres Paniai.
Akibat kejadian ini, situasi di Kota Enarotali cukup mencekam, karena warga khawatir serangan balasan.

Hingga kini Kapolres Paniai, AKBP Semmy Ronny Abaa, belum bisa dikonfirmasi terkait kejadian siang tadi.
Pada periode Juli hingga Agustus 2012 lalu, sempat terjadi penembakan terhadap anggota Polres Paniai dan sejumlah warga sipil di Kabupaten Paniai dan Kabupaten Deiyai, pemekaran dari Kabupaten Paniai.
Editor :
Farid Assifa
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment