News
Loading...

KNPB DEMO DAMAI PERINGATI 50 TAHUN PENJAJAHAN DI TANAH PAPUA

Jubir KNPB Wim Medlama (IST)
Jayapura,25/4 Komite Nasional Papua Barat (KBPB) akan turun jalan guna memperingati 50 tahun pejajahan Indonesia di atas tanah Papua pada 1 Mei 2013 mendatang. Peringatan 50 tahun akan berlangsung di seluruh wilayah Papua, luar Papua dan luar Negeri. Wilayah Jayapura akan berpusat di Lapangan Makam Theys Eluay, Sentani, Kabupaten Jayapura.

“50 tahun genap Indonesia menduduki tanah Papua, secara ilegal , maka KNPB sebagai media, kami tetap akan lakukan demo damai untuk peringati  1 Mei 1963 silam semenjak  kolonial Indonesia menjajah orang Papua Barat  dan seluruh tanah Papua,”  kata juru bicara KNPB Pusat, Wim Medlama ke tabloidjubi.com  di Abepura, Kota Jayapura, Kamis (25/4).

Lanjut dia, peringatan itu tidak hanya berlangsung di Jayapura tapi juga akan berlangsung di seluruh Papua. Selain itu, peringatan yang sama juga akan berlangsung di luar Papua yakni  Jawa, Bali dan wilayah Pasifik. “Perayaan akan berlangsung di luar Papua, wilayah Se Jawa-Bali, dan konsulat KNPB Pasifik juga akan memperingati 1 Mei,”kata Medlama lagi.

Menurutnya, untuk memenuhi persyaratan di negera demokrasi Indonesia, KNPB akan melayangkan surat pemberitahuan perayaan kepada pihak keamanan yakni kepolisian. “Kami akan masukan surat pemberitahuan sesuai prosedur hukum yang berlaku di negera ini ke Polisi. Dan pada prinsipnya, KNPB akan turun  jalan,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam aksi nanti, pihaknya akan menyampaikan tiga aspirasi. Pertama, menyeruhkan pelurusan sejarah integrasi Papua ke dalam NKRI. Kedua, sebelum pelurusan sejarah, pemerintah Indoneia hentikan pembangunan di Papua. Ketiga, menuntut referendum.  “Kembali kepada pelurusan sejarah dan hentikan pelaksanaan pembangunan di atas tanah Papua dengan bentuk apapun sebab pembangunan illegal, kami menuntut refrendum,” tuturnya.  (Jubi/Mawel)

Sumber : tabloidjubi.com
 visit www.loogix.com

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment