News
Loading...

Komentar: Tanda kekuasaan di Papua Barat

Foto Matan Klembiap Tapol west Papua
Komentar: Tanda kekuasaan di Papua Barat
16 Apr 2013, 4:00 pm - Sumber: Budi Hernawan, ANU


Di Indonesia Provinsi Papua Barat, penyiksaan digunakan untuk menunjukkan kekuasaan dan menandai tubuh warganya, menulis Budi Hernawan dari ANU tersebut.

Di provinsi diperebutkan Papua Barat - yang melihat lokal Barat panggilan untuk kemerdekaan Papua dari Indonesia - penyiksaan digunakan untuk mengingatkan warga yang sebenarnya bertanggung jawab. Praktek adalah gigih, meluas dan telah digunakan oleh negara Indonesia sebagai sarana mengendalikan penduduk setempat selama 50 tahun.

Baru-baru ini, pada bulan Februari ini enam tahun Papua Barat pria ditangkap dan ditahan oleh polisi setempat di luar provinsi ibukota Jayapura.

Selama interogasi polisi semua enam laki-laki disiksa untuk mengakui bahwa mereka tahu keberadaan dua kunci pro-kemerdekaan aktivis Papua Barat, Sebby Sambom dan Terrianus Sato, yang telah bersembunyi. Pada hari berikutnya, empat dari orang-orang itu dibebaskan tanpa tuduhan apapun, Daniel Gobay dan Matan Klembiap tetap dalam tahanan polisi, dituduh "memiliki senjata tajam" di bawah Peraturan Darurat 12/1951 - suatu hukum kuno berasal dari zaman kolonial Belanda.

Klembiap bekerja sebagai pembersih di rumah sakit pemerintah lokal dan tahu apa-apa tentang Papua Barat yang ditargetkan buronan. Polisi menemukannya membawa kapak yang telah ditemukan ditinggalkan di jalan ketika mereka menghentikannya. Namun, polisi tidak menerima penjelasan dan bukannya menuduhnya. Kasusnya akan segera diadili di pengadilan Jayapura hakim itu.

Dalam kesaksian untuk pengacaranya dari LSM lokal Aliansi Demokratik untuk Papua, Klembiap mengeluh bahwa ia disetrum di bagian belakang kepalanya dan dipukuli di kakinya oleh polisi. Interogasi meninggalkan tanda hitam di tubuhnya.

Dimasukkan ke dalam konteks yang lebih luas, kasus Gobay dan Klembiap yang tidak biasa atau terisolasi. Sebaliknya, mereka mengungkapkan cara negara Indonesia telah diatur Papua Barat selama 50 tahun terakhir. Dalam konteks ini, penyiksaan tersebar luas dan telah menjadi prosedur standar dari negara Indonesia dan pasukan keamanan menargetkan pro-Barat aktivis kemerdekaan Papua.

Seperti dalam kasus terbaru, polisi menggunakan penyiksaan untuk mendapatkan pengakuan dari tersangka, untuk mengumpulkan informasi intelijen dan / atau hanya untuk kejutan yang tepat dan efek kagum. Jika penyiksaan gagal, tersangka dituntut dengan hukum keluar tanggal seperti Peraturan 12/1951. Undang-undang ini adalah produk dari kekuasaan kolonial Belanda mencoba untuk membenarkan setiap penangkapan aktivis pro-Indonesia kembali pada hari-hari awal perjuangan sendiri yang bangsa melawan tuan mereka di Eropa. Hukuman maksimal membawa senjata adalah 10 tahun penjara.

Fakta bahwa empat tersangka lainnya dibebaskan setelah disiksa penting. Menyiksa tersangka dan melepaskan mereka karena mereka ditemukan bersalah mencontohkan penggunaan shock dan kagum oleh negara Indonesia. Elemen ini cukup berbeda dari pengertian khas tujuan penyiksaan (seperti mendapatkan pengakuan). Dengan efek shock dan kagum, polisi tidak tertarik dalam mengumpulkan informasi intelijen. Sebaliknya, mereka bertujuan untuk menampilkan kekuasaan berdaulat tak terkendali negara Indonesia atas rakyatnya sendiri. Polisi sengaja menandai mayat tersangka meskipun tidak adanya alasan hukum dan moral.

Pola ini bergema dengan deskripsi penyiksaan ahli Darius Rejali tentang penyiksaan sebagai penanda sipil. Artinya, penyiksaan berfungsi sebagai sarana memisahkan tingkat kewarganegaraan. Dengan kata lain, penyiksaan telah digunakan untuk mengatur warga negara dan mendiskriminasi non-warga negara sepanjang sejarah umat manusia. Apa yang telah berubah, menurut Rejali, adalah teknologi. Ketika negara-negara yang lebih demokratis, teknologi lebih tersembunyi penyiksaan bekerja.

Sebagai penanda sipil, penyiksaan telah menjadi jalan bagi negara Indonesia untuk membangun dan mempertahankan kontrol atas wilayah Papua Barat. Penyiksaan bukan hanya teknik untuk menimbulkan rasa sakit atas tubuh. Sebaliknya, hal itu telah menjadi mesin efektif untuk menjajah Papua Barat space, yang ditandai dengan gerakan perlawanan Papua Barat.

Keterlibatan langsung dan sengaja organisasi dikendalikan negara adalah fitur mengganggu penyiksaan di Papua Barat, itu karena tanggung jawab utama dan kewajiban setiap negara adalah untuk melindungi warga negaranya sendiri, bukan untuk bertindak sebagai agen teror.

Ini mungkin tidak mengejutkan bagi kita untuk belajar bahwa sistem peradilan Indonesia tampaknya tidak dapat menahan negara akuntabel. Di, sebaliknya orang Papua Barat tidak bersalah, seperti Klembiap, yang diadili hanya untuk berada di tempat yang salah pada waktu yang salah. Kedua penyiksaan utilitarian dan shock dan kagum, tidak hanya meninggalkan luka yang dalam di tubuh dan jiwa orang Papua Barat, tetapi, lebih penting lagi, memperlakukan orang Papua Barat sebagai non-warga negara dan non-orang.

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment